QRIS BSM Pionir QRIS Bank Syariah-Featured

QRIS BSM Pionir QRIS Bank Syariah

QRIS BSM adalah Quick Response Code Indonesian Standard Bank Syariah Mandiri (BSM/Mandiri Syariah). Merupakan standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia yang pesertanya adalah Bank dan Non Bank atau lebih dikenal dengan istilah Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), BSM adalah salah satu bank yang menyediakan fitur QRIS pada aplikasi mobile bankingnya, dhi. MSM (Mandiri Syariah Mobile).

BSM merupakan Salah Satu PJSP Bank Syariah 

BSM menjadi salah satu bank syariah yang menyediakan fitur QRIS pada aplikasi mobile bankingnya. Saat ini bank syariah yang terdaftar sebagai PJSP hanya dua bank, yakni Syariah Mandiri dan BRI Syariah. Adapun BNI Syariah dan Muamalat kemungkinan masih dalam pengembangan.

Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) Bank Syariah yang saya sampaikan di atas merupakan untuk kategori Bank Umum Syariah. Hal ini tidak termasuk untuk Unit Usaha Syariah (UUS), seperti Permata Syariah, Cimb Niaga Syariah, karena untuk UUS sendiri sistem QRIS masih menginduk atau menyatu pada aplikasi bank induknya, dalam hal ini adalah bank konvensional.

Menjadi Pionir QRIS Bank Syariah

BSM merupakan pionir QRIS bank syariah. Hal ini bisa dilihat pada website bank indonesia, BSM berada di nomor urut ke-14 dan BRIS berada di nomor urut ke-20, kemudian juga BSM berada di urutan pertama pada kategori Bank Syariah pada dokumen Bahan Sosialisasi QRIS milik BI.

QRIS BSM Pionir QRIS Bank Syariah - nwr.web.id

Sumber: Bahan-Sosialisasi-QRIS.pdf hal. 16.

Pembayaran Menggunakan QRIS ke Merchant BSM

Berikut saya sampaikan transaksi QR ke Merchant BSM. Sumber dana yang digunakan untuk pembayaran merupakan akun rekening tabungan, kemungkinan selain tabungan bisa menggunakan rekening giro. Untuk percobaan ini saya menggunakan rekening sumber tabungan.

  1. Buka aplikasi Mandiri Syariah Mobile kemudian pilih logo QRIS di bagian bawah.
  2. Silakan arahkan ke QRIS Merchant atau gunakan foto jika QRIS tersedia di galeri handphone.
  3. Silakan login aplikasi.
  4. Pilih rekening sumber.
  5. Input PIN.
  6. Masukan nominal.
  7. Layar konfirmasi. Tekan selanjutnya.
  8. Pembayaran berhasil.

Demikian transaksi QRIS ke Merchant BSM, semoga di postingan lain saya akan coba transaksi ke QRIS Merchant bank lain atau ke Merchant non bank.

Harapan saya semoga bank syariah lain segera menyusul untuk bergabung menjadi PJSP, agar semakin banyak masyarakat bergabung dengan bank syariah dengan alasan teknologinya yang baik.

Jika pembaca ingin menambahkan atau ada yang ingin didiskusikan, silakan sampaikan di kolom komentar. Terima kasih. 

1 komentar untuk “QRIS BSM Pionir QRIS Bank Syariah”

  1. Ping-kembali: Pendaftaran Merchant QRIS Mandiri Syariah - Ghanwar Square

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!