Pendaftaran Merchant QRIS Mandiri Syariah

Pendaftaran Merchant QRIS Mandiri Syariah

Pendaftaran Merchant QRIS Mandiri Syariah dapat dilakukan oleh siapapun. Prosedurnya mudah dan sangat tepat bagi pembaca yang ingin menjadi merchant QRIS dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang syariah. Pada postingan ini, saya ingin bercerita mengenai pengalaman saya menjadi merchant QRIS di Mandiri Syariah (BSM). Sebagai informasi, Mandiri Syariah adalah pioner QRIS untuk kategori bank syariah.

Masjid Pengguna QRIS Mandiri Syariah

Pada bulan ramadhan sebuah masjid di Bekasi menginfokan bahwa ia menerima pembayaran zakat. Saya melihat hal baru, pada biasanya pembayaran zakat dilakukan melalui transfer bank yang tujuannya adalah bank syariah a.n. yayasan masjid, tetapi ini berbeda di masjid ini pembayaran zakat dapat dilakukan dengan scan QR Code.

Setelah bertanya pada customer service Mandiri Syariah, saya mendapatkan prosedur pendaftaran merchant QRIS Mandiri Syariah

Persyaratan Menjadi Merchant QRIS Mandiri Syariah

Berikut pendaftaran merchant QRIS Mandiri Syariah, caranya sebagai berikut:

  1. Datang ke Cabang
  2. Mengisi formulir pengajuan QRIS
  3. FC buku tabungan/giro 1 bulan terakhir
  4. FC KTP
  5. FC NPWP untuk yang berbadan hukum
  6. Mengisi alamat lengkap dan benar
  7. Proses 3 hari kerja/ saat ini 5 hari kerja
  8. Untuk proses selanjutnya dikonfirmasi ke cabang.

Mendaftar sebagi Merchant QRIS Mandiri Syariah tanpa perlu ke Cabang

Singkat cerita, saya tidak bisa menyempatkan datang ke cabang, sebelumnya saya sempat bertanya apakah pendaftaran dapat dilakukan secara online, jawabannya adalah tidak. Maka saya berinsiatif untuk menghubungi salah satu cabang mandiri syariah di daerah jakarta selatan melalui saluran telepon. Pada saat itu saya masih belum berani ke cabang karena alasan covid 19.

Saya pilih cabang di daerah itu karena lokasinya berdekatan dengan tempat saya bekerja. Telepon saya disambungkan mungkin ke bagian sales QRIS, kemudian kami melanjutkan obralan melalui WhatsApp mengenai apa-apa saja yang harus dilengkapi. Semua dokumen soft file dikirimkan melalui email dan adapun dokumen fisik saya kirimkan melalu Gosend.

Berikut daftar yang saya lengkapi:

  1. Fotokopi e-KTP ✔️
  2. NPWP (optional) ✔️
  3. Cover Buku Tabungan BSM✔️
  4. Formulir Aplikasi Merchant ✔️

Akhirnya QRIS Saya Jadi.

Saya diminta menunggu hingga 14 hari kerja, nantinya dokumen QRIS Mandiri Syariah akan dikirmkan melalui email. Saat itu masa-masa PSBB Jakarta sehingga ada kendala, maka saya baru terima dokumen QRIS saya sebulan lebih.

Sampai di sini cerita saya mengenai pendaftaran merchant QRIS Mandiri Syariah. Mungkin dipostingan selanjutnya saya akan cerita mengenai penggunaan dan biaya-biaya yang dikenakan pada transaksi merchant QRIS. Jika ada pertanyaan dan komentar, silakan disampaikan di bawah ya. Terima kasih.


Update: Pada website BI pendaftaran QRIS BSM bisa ke: [email protected].

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!